Sebulan Terakhir…

yupp,, hampir sebulan terakhir keliling Bogor, mulai dari Bogor Utara (Cibinong, Cilebut, Pondok Rajeg) kemudian Bogor Selatan (Ciawi, Cijeruk, Tajur, Cigombong, Empang), lalu ke Bogor Barat (Dramaga, Ciampea, Leuwiliang, Sukajaya, Cigudeg, Jasinga) dan gw telah menjelajahi wilayah Bogor bahkan lebih luas dibanding 9 tahun terakhir gue di Bogor, sejak 2004. Terakhir, keliling Depok dan sebagian Jakarta Timur.

Banyak tempat-tempat dan orang-orang unik yang baru pertama gw temuin. Kebun Kelapa Sawit, pengamen berkursi roda, orang gila yang sangat terganggu dengan suara berisik, kambuh kalau ada suara berisik, panorama yang bagus dan hal-hal lainnya. Beberapa gw abadikan dengan kamera hp, nokia 2730 classic. Hp yang paling aman untuk memphoto orang dan objek yang menarik, tanpa blitz tanpa suara dan semua tergambar melalui photo.😀  berikut beberapa photo yang gw maksud :

Foto0152        Foto0154

“Nenek Misterius”

Kalian yang tinggal di Dramaga tentu pernah lihat Nenek ini bergerak pelan di pinggiran jalan, kita sepakati aja kalau dia itu berjalan dengan cara ngesot. Caranya berjalan itu unik dengan bertumpu pada kedua tangan yang memegang plat kayu dan mengayunkan kaki ke depan. Kalau gw perhatikan kaki kanan nenek ini rada abnormal, sengkleh kalau mereka bilang. Semacam pernah patah namun gak langsung diobati, akhirnya gitu. Gue ketemu nenek ini di steam motor dekat Pom bensin Dramaga. Nenek itu datang ke steam itu karena ada warteg dan biasanya banyak orang yang memberikan dia rokok, tapi anehnya nenek ini gak mau dikasi uang, dia akan marah-marah dan berteriak tidak senang. Akhirnya ibu penjaga warteg itu akan menukar uang yang diberikan orang-orang di sekitar steam motor dengan nasi sebungkus atau rokok, tergantung besaran uangnya. Pernah gue tanya sama ibu yang jaga warteg tentang asal nenek itu, tinggal dimana, tapi dia juga gak tau. Benar-benar misterius.

Foto0227

“Pintu Air Kali Cisadane”

Ini Kali agaknya kalah tenar dibandingkan dengan saudaranya, Kali Ciliwung. Tapi tetap saja sungai yang satu ini mengalir sampai jauh hingga ke wilayah Tangerang bukan? pintu air ini gue photo di kawasan Empang, Bogor. Di atasnya ada jembatan yang bisa dilintasi motor untuk masyarakat. Jembatan ini biasa dilewati mereka. Cukup mengerikan karena lebar jembatan hanya pas untuk satu motor. Konon katanya besi pembatas di sisi jembatan baru dibuat setelah ada seorang anak yang terjun bebas ke sungai akibat terpeleset. Oh iya, jika kalian lewat Pintu Air Katulampa kondisinya malah lebih menyeramkan, jembatannya di beberapa bagian malah tidak ada pembatas. Sayang waktu lewat situ gue gak sempat photo, karena banyak sekali orang yang berphoto di sisi pintu air dengan latar belakang air yang deras, absurd.

Foto0255

“Curug Panjang”

Terletak di kawasan Puncak, curug ini cukup terkenal dan sering dijadikan tempat wisata dan gathering kantor (katanya). Waktu gue kesana, lokasi curug ini sebenarnya sedang ditutup karena airnya sedang besar, namun karena gue hanya sebentar di lokasi akhirnya penjaga curug memperbolehkan gue dan kawan-kawan masuk. Penjaganya juga mengatakan kalau sebelum kami ada beberapa pasang orang yang ditolak masuk karena dikhawatirkan kecelakaan, wajar karena mereka (menurut si Penjaga) mau berlama-lama di lokasi, sekalian nyari tempat pacaran, #eeeaaaa..

Foto0249“Panorama Gunung Geulis”

Dari lokasi gue duduk waktu itu, kalian bisa melihat pemandangan kota Bogor dan bahkan gedung-gedung penunjuk langit di Jakarta ketika cuaca sedang cerah, ketika sedang cerah yaaa.  Sayangnya waktu gue di lokasi itu sedang gerimis dan dalam rangka berteduh.😀

Foto0315

“Kebun Sawit di Cigudeg, Bogor”

Buat Kalian yang orang Sumatera atau Kalimantan pasti gak asing dengan pemandangan seperti ini, kiri kanan kebun sawit, tapi itu tadi gue menemukan pemandangan seperti ini di Bogor. Pemilik kebun sawit ini adalah PTPN VIII yang memang beroperasi di Jawa Barat, familiar dengan PTPN VIII ? wajar karena BUMN yang satu ini juga adalah pemilik Kebun Teh Gunung Mas, di Puncak. Gue langsung berteriak waktu melihat suasana kebun sawit ini, sambil mengemudikan motor. “MACAM PULANG KAMPUNG AWAK BAHHH!!!”. Dan Deni yang gue bonceng hanya bengong gak mengerti arti teriakan gue.😀

Foto0316

“sawit dan sawit”

Ada yang unik waktu gue lewat di daerah ini, Deni teman gue waktu itu mengatakan kalau ada bukit yang unik di antara kebun sawit itu, dengan posisi bulat lonjong dan menonjol, kalian pasti tau apa maksudnya? iya Lontong, yang dibungkus daun pisang. #gubrak. Sebenarnya bukan itu yang dibilang Deni, lebih vulgar malah, namun karena tata tertib (#eeaaa) istilah yang digunakan Deni itu gue ganti jadi lebih halus walaupun masih agak vulgar juga. Kami sepakat menamakan bukit itu dengan nama “bukit pangacengan” entah apa nama aslinya.😀

Foto0337

“Rumah Unik Bernuansa Batak”

Rumah ini gue temukan di perumahan Kawasan Depok, pintu rumah bernuansa Batak Toba dan joglonya bernuansa Karo, usut punya usut ternyata memang pasangan suami istri pemilik rumah berasal dari Sumatera Utara dan memang yang satu berasal dari suku Batak Karo dan yang satunya lagi Batak Toba, itu menurut Informan Gue #haalaaahh.

Foto0348

“Pengamen Berkursi Roda”

Siang itu di kawasan Cilangkap, gue bertemu dengan dua orang pengamen yang unik. Sama tuanya namun yang satu masih bisa berjalan yang satu tidak. Bapak yang mampu berjalan bertugas mendorong kursi roda dan bermain gendang, sementara si pengamen satu lagi adalah ksatria bergitar, bedanya ksatria yang ini mengendarai Kursi Roda. Awalnya gak ada yang unik selain kursi roda itu namun waktu mereka mulai bernyanyi gue langsung salut. Si Bapak yang bergitar itu memulai lagunya dengan bersiul, bukan siualan yang bisa namun agak keras. Menyenandungkan lagu Rhoma Irama, gue lupa judulnya namun gue cukup familiar dengan lagu itu.😀 Sebelum pergi gue sempatkan menyodorkan beberapa pecahan seribuan ke Bapak yang  megang gendang. Pengamen yang unik. Dan sebagai sesama Pesiul harusnya gue salut.


Tinggalkan Balasan

