BIR KOTJOK

Anda mau minum Bir yang tidak memabukkan? minuman yang satu ini boleh jadi pilihan anda jika sedang berada di Kota Bogor. Bir Kotjok (dibaca : bir kocok) namanya.  Bir ini berwarna coklat dan yang pasti ketika anda meminumnya maka ada rasa hangat yang melewati tenggorokan hingga perut.  Rasa hangat itu bisa bertahan hingga dua jam di dalam perut anda (pengalaman pribadi,😀 ).

ImageJika penasaran dengan rasa minuman yang satu ini, maka segeralah ke jalan Surya Kencana, Kota Bogor.  Kawasan yang identik dengan wisata kuliner ini memang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman khas Bogor, mulai dari Toge Goreng, Lumpia basah, pepes sagu, bakso, soto kuning hingga Bir Kotjok yang sedang kita bahas ini.  Bolehlah menjadi salah satu tujuan untuk melepas penat di Kota Bogor yang kalau weekend penuh dengan kendaraan. Macet dimana-mana bro..

Bir Kotjok sendiri sudah dikenal sejak tahun 1965, mayoritas  penjualnya adalah anak-anak dari pedagang Bir Kotjok pertama di kawasan tersebut.  Anda pasti bertanya, mengapa disebut Bir Kotjok? simpel saja, pada saat pembuatan minuman ini, larutan bir ini akan dikocok hingga berbuih dan kemudian disajikan ke pembeli.  Dengan pecahan es batu yang mendinginkan gelas maka dahaga yang terasa hingga jenuh yang melanda saat mengalami kemacetan di jalanan Bogor tentu akan hilang bersama dengan rasa hangat yang menjalar dari tenggorokan hingga ke perut saat meminum Bir Kotjok ini.

Image

Setiap hari pedagang Bir Kotjok ini rata-rata menjual 25 hingga 30 botol minuman. Botol yang (agaknya) mirip dengan botol sirup ternama ini memang dipersiapkan untuk pelanggan yang ingin meminum langsung Bir Kotjok. Kita juga bisa membeli sebotol minuman ini untuk dibawa pulang dan dinikmati di rumah. Harga segelas Bir Kotjok ini adalah Rp. 3000.  Bir Kotjok ini banyak disamakan dengan Bir Pletok yang ada di Jakarta, boleh jadi memang demikian. Jahe, Gula Aren dan Kayu Manis adalah bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Bir Kotjok ini, penasaran dengannya? mungkin rasanya gak beda jauh dengan Bandrek yang lebih banyak dikenal orang.

Selamat menikmati dan nantikan liputan kuliner berikutnya di lain waktu.😀

Image


One thought on “BIR KOTJOK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s