Draft..

Tulisan(Gambar via penatinta.blogdrive.com)

Draft, atau seringkali kita menyebutnya kerangka tulisan, adalah suatu instrumen yang biasa digunakan dalam menulis.  Masih ingat dengan pelajaran Bahasa Indonesia? selalu diajarkan bagaimana pentingnya sebuah kerangka tulisan, dari sanalah sebuah tulisan bermula.

Tentu, tulisan yang tanpa kerangka hanya akan menjadi tulisan yang tidak ada tujuan, tidak bernyawa, dengan maksud yang gagal disampaikan dalam tulisan itu.  Dulu waktu belajar mengarang di Bahasa Indonesia kita diajarkan untuk menuliskan draft terlebih dahulu, dengan judul, sub judul, bab, sub bab dan banyak lagi bagian lainnya, tapi semakin sering menulis maka kita akan terbiasa membuat pola kerangka/draft tulisan di dalam pikiran saja, terutama jika tulisan yang akan kita tulis bukan tulisan yang cukup penting, bukan tulisan yang cukup panjang atau bukan untuk tujuan yang serius.  Dan itu dia masalahnya.  :)

Beberapa hari belakangan ini aku mulai memberanikan diri untuk mengikuti lomba menulis, ada dua tulisan untuk dua lomba yang berbeda sedang ku garap.  Dua tulisan yang beda tema, tentu beda pola penulisannya.  Untuk tulisan pertama aku tidak menemukan hambatan berarti, tulisan itu sudah selesai, meskipun harus dibaca dan diedit kembali, nah di tulisan kedua ini, aku buntu.  Jelas, ini adalah tulisan yang harus digarap dengan sangat baik, soal Cerita Pendek (cerpen) yang menceritakan dan mempromosikan soal keanekaragaman Indonesia, pilihan Cerpennya adalah berbasis kisah nyata maupun fiksi.  Cerpen yang akan ku tulis berdasarkan kisah nyata, dengan tambahan imajinasi dari penulis tentunya.🙂 Tapi tetap saja buntu.

Kerangka Tulisan, draft.  Ini adalah solusinya.  Sebelum menulis dengan memakai draft, aku sudah mengerjakan tiga cerpen yang berbeda untuk lomba itu, dan semuanya buntu di tengah jalan.  Pagi ini, ku coba dengan memakai kerangka tulisan, dan tulisan itu akhirnya lancar, mengalir.  Akhirnya cerpen itu akan segera ku selesaikan, deadlinenya tanggal 15 coy.. :)).

Jadi, biasakan membuat draft, kerangka atau apa pun kamu menyebutnya, karena itu akan sangat membantu kamu dalam menulis. Itu Sudah!!

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s