Festival Gerakan Indonesia Mengajar I (FGIM I) 2013

Awalnya gue nerima notif di Fb dari Eris, tentang adanya Festival Gerakan Indonesia Mengajar yang akan dilaksanakan di E-convention Hall, Ancol pada tanggal 5 sampai 6 Oktober 2013.

 

Image

 

Reaksi berikutnya adalah, woow.. kayaknya acara ini bakalan seru, sayang kalau gak ikut. Gue kemudian langsung ngecek jadwal, dan akhirnya gue putusin ikut hari Minggu nya, atau tanggal 6 Oktober, karena kebetulan tanggal 5 itu sudah ada janji sama teman-teman 1 kos untuk ke Kemayoran.

Gue lalu mengontak Eris melalui sms dan line untuk mendapatkan info lebih lanjut, setelah dibantu dia untuk registrasi Online dan kemudian Gue mentransfer uang ke rekening Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, tapi sampai hari Minggu pagi itu belum ada juga notifikasi tiket di email gue, waaahh, kenapa begitu?

Minggu pagi itu gue mutusin datang ke lokasi, setelah 1 jam perjalanan Gue sampai juga dengan selamat (#hallaaahh) di E-convention, Ancol. Sempat juga kenalan dengan Relawan dari Tim Medis, yang kemudian jadi teman bareng di jalan menuju lokasi.  Sampai di depan lokasi, Gue langsung mutusin untuk registrasi ulang. Tidak ada masalah dengan registrasi, aman terkendali.  Kemudian Gue mengirimkan sms ke Eris ngasitau kalo gue dah sampai, gak berapa lama Eris nelpon dan menyuruh Gue untuk masuk aja ke Lokasi, dia bilang agar Gue nyari Panitia yang lain yang bisa menunjukkan pintu masuk dan mengaku sebagai Dewan Guru.  Belakangan gue tau, untuk relawan/panitia/fasilitator disebut sebagai Dewan Guru dan koordinator per wahana disebut Kepala Sekolah.  Itu kalau gue gak salah yaaa.. hehhee..

Akhirnya tibalah di arena sebenarnya.  Gue yang masih kagok dengan ritme teman-teman baru ini harus segera menyesuaikan diri.  Gue tergabung di Tim #Kepingpedia.  Penjelasan lengkapnya bisa disimak di laman yang gue sadur dari website resmi FGIM berikut : http://festival.indonesiamengajar.org/kepingpedia.html atau bisa juga dari kumpulan tweet dari sang Kepsek Rayi berikut ini http://chirpstory.com/li/158807. Intinya di Kepingpedia ini ada tiga tahapan, menulis, menggunting dan mengemas.

Menulis : adalah kegiatan penting di sini, para Relawan diminta menuliskan pesan semangat untuk adik-adik yang akan menerima puzzle yang dihasilkan dari wahana #kepingpedia ini.  Pesan semangat dapat berisi apa saja yang dapat menjadi pendorong buat adik-adik dan pengajar muda di daerah yang akan dituju.

Menggunting : adalah kegiatan berikutnya, setelah para Relawan selesai menuliskan pesan semangatnya mereka kemudian menggunting karton yang telah disediakan menjadi 20 potong kepingan.

Mengemas : adalah tahap penting terakhir dari wahana #kepingpedia, semua hasil pekerjaan kemudian dikemas dalam kantong plastik khusus yang disediakan oleh fasilitator alias Dewan Guru.

Jrreeengg..jrreennggg..

Pertarungan sesungguhnya dimulai jam 10 pagi tepat.

Setelah beberapa menit belum ada peserta yang masuk ke wahana #kepingpedia ini. Akhirnya ada sekitar 130 orang peserta Relawan yang masuk ke wahana kami. wwooooww, ini jumlah yang sangat banyak buat gue yang baru pertama kali ikut. Tapi the show must go on.  Tidak ada kesempatan untuk gugup, karena teman-teman yang lain sudah mulai bekerja menjelaskan cara kerja kepada para Relawan, maka gue pun harus mulai bergerak juga.

Huuffttt… akhirnya satu, dua, tiga, empat, kelompok lewat juga.  Gue kemudian mulai terbiasa dengan ritme ini.  Jam 11.30 WIB diadakan Upacara Penaikan Bendera, Upacara yang khidmat dan terkesan unik karena Pembaca Teks UUD 1945 dan Pancasila adalah Adik dari Sekolah terpencil di Halmahera sana, sedangkan pembaca teks proklamasi dilakukan oleh Bapak Kepala Sekolah entah dari sekolah apa, gue lupa.  hehhe.. Upacara yang lagi-lagi memompa semangat.  Hingga kemudian saat masuk waktu Zuhur, gue mutusin untuk sholat dulu.  kemudian makan siang.

Setelah itu, kegiatan kembali dilanjutkan. Kami bergantian untuk istirahat, karena peserta yang datang semakin siang bukan semakin sepi malah semakin ramai saja.  Kaki yang pegal semakin tidak terasa, berganti dengan keceriaan dan semangat yang ditunjukkan oleh para Relawan dan teman-teman Fasilitator,

 

Image

 

Hingga waktu tiba di Pukul 16.00 WIB. Karton untuk puzzle sudah semakin sedikit, teman-teman Fasilitator juga mulai kehabisan kertas kecil bertuliskan tema dan alamat tujuan pengiriman #kepingpedia ini, sementara antusiasme dari para Relawan masih sangat tinggi. Bahkan ada Ibu dan anaknya yang dua kali kembali ke Wahana #kepingpedia untuk menyelesaikan 28 puzzle, sangat bersemangat sekali mereka.  kami akhirnya memberikan beberapa stiker untuk “penghargaan” kemudian berphoto bersama dan tak lupa memberikan stiker juara.  heheehe.  Sayangnya photo-photo di kegiatan ini ada pada teman-teman yang lain, sehingga di tulisan ini tidak banyak photonya. Bahkan teman-teman di #kepingpedia pun sepertinya lupa untuk berphoto bersama saking sibuknya. hehehe.

Banyak semangat, kesan dan pelajaran yang dipetik dari kegiatan satu hari yang gue ikutin ini.  kita tidak perlu mengutuk sistem pendidikan yang makin amburadul saja. Tidak usah menyalahkan Pemerintahan yang bobrok, kita sendiri masih bisa memberikan kontribusi positif dengan hal-hal kecil seperti kegiatan #kerjabakti seperti FGIM ini.

Salam. (^_^)

Image


Tinggalkan Balasan

