KO

“Sebagai anak pertama kamu terbebani dengan itu semua yaa?”

Degh…!
Apa-apaan ini, baru liat kertas kerja yang ku selesaikan tak berapa lama yang lalu dia sudah berkata seperti itu.

Begini saja. “Nikmati proses, Jangan terlalu keras sama diri sendiri. Kurangin itu standar tinggi. Boleh sih punya standar tinggi, aku lihat kamu sanggup kok mencapainya, tapi hanya akan menghabiskan energimu yang cukup besar itu. Kalau gak dikurangi malah akan membuat capek sendiri.”

Waduh, ini apa-apaan? Darimana dia membaca itu semua, padahal kertas kerja yang baru saja ku selesaikan itu hanya ku kerjakan asal-asalan. Aku bertanya-tanya dalam kepala, kalut dan kelu. Tak bisa berkata apa-apa. Aku tahu maksudnya standar tinggi ini soal wanita dan pencarianku tentang sosok calon istri. Juga soal pendidikan. Tapi kok bisa yaa kebaca??

Dia kemudian melanjutkan. “Kamu itu unik. Jarang-jarang lho cowok ada yang terlalu melibatkan emosi, tapi harusnya bisa lebih realistis, dan lebih banyak menggunakan logika. Nih juga, coba agak dikurangi sifat dependentnya. Bagus sih dependent, tapi jangan terlalu menonjol. Terakhir kurangi sifat moodynya. Jangan angin-anginan.”

Aku terdiam, lebih kelu, lebih kalut. Kayak habis kena hook kiri, lanjut hook kanan, jab, swing dan kemudian terkapar mencium kanvas ring tinju.

Aammmpppuuunnnn.

Namun kemudian aku diselamatkan oleh jam. Pukul 5 sore saat itu, dan aku harus segera beranjak. Semakin lama disitu aku akan semakin terpojok. Si kawan tersenyum dan menyimpan kertas kerja ku. Buat hadiah untuk calon istri mu, katanya.

Aku KO dan tak mampu berdiri lagi. KO secara telak. Tanpa perlawanan.

Suram.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s