1999, Manchester United, dan Bocah itu.

Kembali ke tahun 1999, tahun dimana Manchester United meraih Treble Winner, sesuatu yang nyatanya belum bisa diperoleh lagi hingga saat ini. Waktu itu Gue masihlah bocah, anak kelas 1 menjelang kelas 2 SMP, yang rajin baca koran Waspada (harian cukup terkemuka di Sumatera Utara), beberapa hari sebelum final Liga Champion itu gue sudah membaca sekilas perjalanan MU di musim 1998-1999 itu. Kurang ingat mana yang duluan dimenangkan. Sepertinya Liga Inggris dulu, kemudian Liga Champions lalu Piala FA.

Beberapa hari jelang final itu, di koran Waspada tadi ditulis, peluang MU untuk meraih Treble Winner terbuka lebar, asal mampu mengalahkan Bayern Munich (bukan Munchen seperti yang ditulis sekarang, CMIIW). Gue terbangun malam itu menjelang pertandingan berakhir, MU masih tertinggal 1-0, hingga kemudian semua berubah saat negara api menyerang… *laaahh*

Secara dramatis MU memenangkan pertandingan setelah membalikkan pertandingan menjadi 1-2, hebaaatttt.. Saat itu Gue mulai kagum dengan tim ini, semangat besar untuk memenangkan pertandingan itu membuat gue salut. Sedikit pemain yang gue ingat dari pertandingan itu, Scholes, Big Dane, Solkjaer sang pencetak gol terakhir dan Sherringham di MU, serta Effenberg dan si seram Kahn. Tahun itu Gue mulai ngefans pada MU secara tim, bukan personal pemain. Bukan. Malah mungkin lebih ngefans ke nakhkodanya, Sir Alex Ferguson, Pria tua yang setia mengunyah permen karet di tepi lapangan. Belakangan dari beberapa artikel yang Gue baca, permen karet itu berguna meningkatkan konsentrasi, pantes si Fergie (panggilan akrab Sir Alex mengunyah permen karet pake emosi. Ha ha ha).

12 Mei 2013, Sabtu

Kita lompat 14 tahun kemudian.

Si Pria pengunyah permen karet itu sudah memutuskan pensiun dari MU, tim yang dibawanya dari yang hanya memiliki 1 lapangan latihan di tahun 1986 hingga memiliki 30 lapangan latihan pada 2013. Tim yang dibawanya dari yang hanya memiliki 7 gelar Liga Inggris menjadi penguasa 20 gelar Liga Inggris, Tim yang dibawanya dari pemilik 1 gelar Liga Champions menjadi pemilik 3 gelar Liga Champions dan dari tim semenjana menjadi penguasa, bersaing dengan Real Madrid sebagai Tim termahal di Dunia berulang kali.

Barangkali banyak pembenci MU yang lega Sir Alex Ferguson pensiun, intinya mereka takut ke Fergie secara personal. Tapi percayalah, untuk anak muda seumuran gue dan ngefans ke MU maka akan sulit menerima keputusan Sir Alex itu. Sir Alex adalah MU dan MU adalah Sir Alex barangkali itu tepatnya, betapa dia sangat berperan di tim itu, bahkan secara keseluruhan.

12 Mei 2013 adalah pertandingan terakhirnya di Old Trafford. Pria nyaris 72 tahun. Pemberi 38 gelar yang kini tersimpan di lemari piala MU.

Setelah pensiun, dia memutuskan untuk jadi duta besar MU dan sekalian duduk di dewan direksi MU, dan dia ingin keliling dunia. Semoga nanti bisa singgah di Indonesia Opa…😀

Enjoy your time!!

Bersamaan dengan itu pensiun (lagi) salah satu pemain kesayangan Sir Alex. Paul Scholes. Gelandang berjuluk Ginger Prince. Peraih 11 gelar Liga Inggris, 2 gelar liga Champions dan masih banyak lagi gelar Individu lainnya.

12 Mei 2013 akan selalu dikenang oleh Para Pemain, Para staf, dan juga para Fans di seluruh dunia. MU mulai berubah. Dan perubahan itu dimulai dengan masuknya David Moyes musim depan. Pelatih yang memoles Everton hingga mampu finish di atas Liverpool beberapa musim belakangan ini.

Wellcome Moyes.. (ง’̀⌣’́)ง


2 thoughts on “1999, Manchester United, dan Bocah itu.

  1. oiya bang si gery neville kemana yaa?

    oiya opa fergie sering ngambil permen bekas kunyahannya yang udah dia buang
    diambil truss dikunyah lagi hahaha

    1. Gary Neville kan udah jadi Asisten Pelatih Timnas Inggris Dan… hehhe… oh iya, permen karet di Pertandingan terakhir Sir Alex dilelang orang, lumayan kejual Rp. 11 juta Dan,, kwkwkwkwk jorok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s