Blog… Bagaimana memperlakukannya??

Blog, adalah akun personal.. Bebas digunakan oleh siapa saja dan untuk apapun. Banyak orang bilang blog mu menunjukkan adalah dirimu dalam cerminan tulisan.

Pernah ada teman yang kirim pesan, soal tulisan di blognya teman yg gue lain, awalnya di tulisan itu tercantum nama teman ini, tp belakangan gak ada. Jadi tulisan soal perjalanan dengan tujuan tertentu, awalnya teman yang cerita ini bilang nama dia ada tercantum di situ, saat tulisan ini baru dipublikasikan, memang iya, gue juga pernah baca, tapi kemudian nama teman gue itu hilang, dan dia gak pengen nanya ke teman yg menghapus tulisan itu, makanya dia cerita ke gue.

Akhirnya ketahuan kalau nama teman ini dihapus krna ada alasan sentimen.. Pertanyaannya, apakah itu etis? Bolehkan mengedit tulisan di blog yang sudah dipublikasikan?

Membahas soal itu, gue jadi tertarik menulis pendapat gue, secara pribadi, sekali gue nulis di blog dan sudah dipublikasikan, gak ada alasan gue untuk mengeditnya lagi. Karena buat gue, tulisan itu adalah apa yg telah kita rasakan, terlepas itu baik atau buruk, ada hal-hal yang memang baik untuk ditulis dan dipublikasikan, ada juga hal-hal yang tidak baik untuk ditulis dan dipendam sendiri.

Jika ada yg komplain, mendingan tulisan di blog itu sekalian gue hapus, terutama jika itu memang harus dihapus, karena jika tidak bisa merusak suasana, apalagi berhubungan dengan orang lain.

Tapi jika tulisan blog itu sudah dipublikasikan, dan kemudian hari diedit untuk menghilangkan peran seseorang yang sudah terlibat di dalam suatu kegiatan buat gue itu gak etis. Sama sekali tidak etis.

So… Ada baiknya sebelum mempublikasikan sesuatu, pikirkan dulu, apalagi kalau blog anda sudah memiliki pengunjung tetap.

Sekali anda menulis di blog dan mempublikasikannya.. Gak ada alasan anda untuk mengedit dan mempublikasikan ulang.. Mending dihapus sekalian

Sekian pendapat Gue soal blog dan edit mengedit di blog itu sendiri. Sekali lagi, blog adalah cerminan dirimu, apa yang kau tulis adalah apa yang kemudian dinilai oleh orang lain. Bijaksanalah.

⌣_⌣
See yaaa..


Tinggalkan Balasan

