“Berilah Kesan Terbaik”

Lama juga tidak menulis di hari jum’at, biasanya kalau nulis di hari Jum’at itu selalu masuk ke kategori “Catatan dari Para Guru” tapi kali ini tidak, tulisan ini gue masukin ke kategori “kaki-kaki catatan” agar menjadi pelajaran berharga terutama buat gue pribadi, dan orang-orang yg membacanya.

Hari ini selepas sholat Jum’at seperti biasa gue dan didik beli makan ke Bara, makan siang habis Jum’atan itu biasa kan? Tapi kali ini kami tidak beli makan di warung makan seperti biasanya, pengen ngerasain “fast food” yg ada di daerah Bara, Bateng hingga Balio, dan pilihan paling cepat itu adalah beli ayam crispy. Datang, pesan, bungkus, bayar lalu pulang.

Umumnya yg hadir di benak kalau sudah membeli ayam crispy adalah yg bermerek HC, letaknya 1 di depan BRI jalan Radar, 1 lg di Bateng, tp karena mereka lagi tutup, wajar habis jumatan, maka gue dan didik beli ayam crispynya di HSN namanya, pasti taulah kalo sering lewat bateng.

Setibanya disana setelah kami langsung pesan makan, tapi kesan pertama yg muncul adalah kekurangramahan dari penjual yg menjaga kios, awalnya mereka ada 2 orang, tp tetap tanpa senyum, setelah memilih bagian apa yg akan dipesan, dan dibungkus, semuanya memang serba cepat, tapi kekurangramahan mereka makin terasa waktu gue kasi uang Rp.20 ribuan, masing-masing ayam itu seharga sepuluh ribu, eehh dengan entengnya si penjual langsung nunjuk-nunjuk ke arah didik dengan maksud kembalian uang gue itu biar dari uang didik yg kebetulan memang uang pas.

Tanpa ada kalimat mohon izin atau apapun alasannya.

Kontan sikap si penjual membuat kami langsung tidak mendapat kesan positif, sampai didik waktu di motor ngomong, “kalo gue jadi Marketing Managernya udah gue pindahin tu penjual ke bagian dapur, ngelayani konsumen kok kayak gitu”

Sebagai konsumen kita pasti mengharapkan kesan baik dari penjual, terutama penjual makanan, jadi jika nanti ada kesempatan untuk membuka usaha, cobalah untuk melatih para anggota, dan anda sendiri untuk lebih mudah tersenyum kepada siapapun, terutama kepada konsumen anda.

Berikan kesan pertama yang baik, maka konsumen anda akan kembali pada kesempatan berikutnya.

Sekian…
See yaaa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s