“Pembuat Jala atau Tukang Ojek? “

Tepi jalan Raya Darmaga sebelah Bulog, ehh Semen Kujang ya sekarang, bukan bulog lagi. Ada Pangkalan Ojek yang sehari-hari selalu dipenuhi minimal 10 tukang ojek. Setiap kali lewat situ gue selalu tertarik dengan kegiatan seorang bapak-bapak yang kurang tertarik untuk menghabiskan waktu dengan ngobrol ngalor ngidul dengan teman-teman seprofesinya.

Nah, hari ini baru gue ada kesempatan untuk sedikit ngobrol dengan beliau. Karena kebetulan gue sedang membawa motor yang bocor dan bannya harus ditambal di tukang tambal ban yang letaknya persis di sebelah Pangkalan Ojek ini.

Tidak berapa lama gue nyampe di tempat, bapak tukang ojek itu sedang meneruskan pekerjaannya, menenun jala yang masih selesai 1/4 bagian. Iseng gue tanya, “Jala ini dijual Pak?, saya lihat bapak selalu ngerjain nih jala kalo saya lagi lewat sini”. Si Bapak dengan asyiknya menjalin jala itu hanya tersenyum, lalu berkata, “Ga tiap hari sih mas ngerjain ini, cuma pas lagi ga ada penumpang aja saya ngelanjutin ini”. Gue langsung tertarik dengan jawaban bapak itu, artinya membuat jala ini hanya dijadikan pekerjaan sampingan, hebat banget bapak ini bisa memiliki dua jenis pekerjaan.

Akhirnya dengan lugas bapak itu bercerita kalau dia mengerjakan 1 jala itu bisa makan waktu sebulan, karena ga tiap hari bisa dikerjakan, dengan polosnya beliau ngomong, kalau saya ngerjakan ini terus bisa marah bini di rumah Mas….saya hanya tersenyum.

Dari hasil penjualan Jala itu, bapak itu bisa mendapat keuntungan Rp. 100.000, dia menjual 1 unit jala seharga Rp. 200 000, lumayan buat tambahan penghasilan.

Jadi, kalau bapak itu saja memiliki pekerjaan sampingan, lalu kenapa kita tidak berusaha memilikinya? Selama itu tidak mengganggu pekerjaan utama.

Sekian.
See yaaa…


Tinggalkan Balasan

