Banjir Jakarta

Heboh di Ibukota,
Agaknya itulah yang dipikirkan rakyat Indonesia di wilayah lain yang tidak terkena banjir kalo lihat berita di tv.
Wajar sih, berita itu mengutamakan ibukota, meski ada yg protes beritanya terlalu berlebihan, ada 2 alasan utama menurut gue.
1. Jakarta itu ibukota negara, wajar porsi beritanya keterlaluan, gue sih berharap Gubernurnya ga usah terlalu diekspos lah, biasa ja. Heheheee.
2. Stasiun tv nasional semuanya berkantor di Jakarta, sehingga mereka mendapatkan akses ke sumber berita utama yaitu Ibukota, dibandingkan jika stasiun berita nasional itu berada di Papua misalnya.

Jakarta adalah kota yang berada 2,5 meter di bawah permukaan laut, itu artinya selain waspada terhadap banjir kiriman dari Bogor dan wilayah lain yang sungainya bermuara di Teluk Jakarta, Kota ini juga harus waspada pada peningkatan permukaan air laut yang berpotensi menimbulkan banjir rob ( banjir yang berasal dari luapan air laut).

Jakarta adalah cerminan negara ini, hampir 80 persen aliran uang di Indonesia berputar pada kegiatan yang berlangsung di Kota ini. Jadi jika kota ini lumpuh, maka dapat dipastikan Indonesia berpotensi mengalami kerugian yang sangat besar.

Jakarta adalah kota tua dengan riwayat bencana yang selalu berulang sejak zaman kerajaan Tarumanegara, pendudukan Belanda bahkan hingga sekarang, tak salah rasanya kalau Bung Karno telah menetapkan Palangkaraya sebagai Ibukota Indonesia (meski akhirnya tidak jadi pindah). Palangkaraya adalah kota yang secara geografis aman dari banjir, gempa, letusan gunung merapi dll. Karena berada di luar sabuk pegunungan berapi yang berada di wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa hingga ke Nusa Tenggara.

Jadi, akankah kita tahan melihat Jakarta selalu banjir?
Kapan Ibukota akan dipindahkan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s