Catatan Hari Jumat (Part 1)

اَلْحَمْدُلِلّهِ..
Ketika menulis tulisan ini sedang berada di mobil milik teman..ya ga apa sih mobil masih punya teman, kalau resepnya dari Ustad Yusuf Mansur adalah ketika kita ingin memiliki sesuatu maka niatkan, doakan dan sholawatkan niat kita itu untuk memiliki yang kita inginkan itu, InsyaAllah kalau fokus pasti dapat tuh, entah kapan..asal fokus.

Btw, kalau ada yg nanya gue udah mempraktekkan atau belum? Jawabannya, On Progress..heehe

Apa yang mau gue tulis hari ini adalah pikiran yang mengusik dari tadi pagi, soal kultwit* dari @AghaUtsman tentang sejarah hari libur nasional di Indonesia yang bergeser dari hari Jum’at ke hari Minggu. Sebelum Belanda menjajah Indonesia dan bahkan saat menjajah Indonesia libur itu memang selalu di Hari Jum’at.

Mungkin kita sering bertanya, mengapa libur tidak diterapkan di hari Jum’at, hari yang paling istimewa bagi Umat Muslim, agar kita bisa fokus beribadah, pikiran itu kembali mengusik ketika tadi solat Jum’at, jamaah yang ada di sebelah gue itu bau badannya amat sangat menyengat, merusak konsentrasi dalam beribadah.

Akhirnya apa yang gue lakuin adalah, menon-aktifkan indra penciuman dan mulai bernapas lewat mulut (ngarang, hehe). Alhamdulillahirobbilalamin khutbah dan sholatnya lewat dengan sukses,tanpa ngantuk..hehe.

Coba, kalau hari Jum’at itu libur, hal semacam itu pasti tidak akan terjadi, kita bisa beribadah dengan tenang, badan segar dan wangi, serta bisa fokus Ibadah tanpa kepikiran harus cepat-cepat makan siang dan harus kembali ke sekolah,kantor atau pun kampus.

Mudah-mudahan di masa depan peraturan libur nasional itu bisa digeser ke Jum’at yaa..

Terakhir, ada dua klausa yang gue ingat sebagai inti khutbah Jum’at yang disampaikan Khatib tadi di Masjid. Pertama : Hanya Allah lah yang mengetahui semua hal yang gaib,
Kedua : Seringkali kita menyukai hal yang belum tentu baik buat kita, dan membenci yang sesungguhnya baik buat kita.
Gue tau itu bagian dari ayat Al Qur’an tapi lupa Surah dan Ayat berapa, maafkan atas ketidaktahuan gue, mudah-mudahan nanti bisa diperbaiki di tulisan berikutnya.

Sekian.
See yaa..

*Kultwit itu adalah Kuliah Twitter, twitter berseri yang dilakukan pengguna twitter untuk suatu tema tertentu. (Penulis).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s